Problem RGB TV Cina Yang Sering Menjebak Teknisi

Problem RGB TV Cina Yang Sering Menjebak Teknisi

">

Diantara problem kerusakan TV Cina yang sering menjebak teknisi adalah bagian RGB. Ini dari hasil pengamatan Admin ketika membantu teman dalam menangani kerusakan seputar RGB TV Cina. Banyak sekali kesalahan prediksi yang berujung pada gagalnya menyelesaikan pekerjaan servis.

Diantara problem RGB yang paling sering Admin temukan dan tidak semua teknisi paham dalam memperbaikinya adalah:

Gambar buram kadang seperti pelangi berkabutGambar dominan di warna tertentuGambar muncul warna tertentu disertai dengan garis-garisGambar seperti kliseGambar blank putih bergarisWarna seleberanDan masih banyak lagi.

Nah dari semua problem atau kerusakan seputar RGB TV cina diatas, akan saya bahas satu-persatu tentang penyebab pasti dan cara memperbaikinya.

1. Gambar buram kadang seperti pelangi berkabut

Gambar buram dan terkadang seperti pelangi dipenuhi kabut sering dianggap teknisi adalah kerusakan tabung sudah lemah atau FBT rusak. Terlebih setelah mencoba memutar screen dan fokus pada FBT tidak menujukan perubahan yang berarti. Atau posisi gambar tetap seperti pelangi berkabut.

Baca Juga: Cara memperbaiki tabung CRT.

Kerusakan semacam itu penyebabnya lebih condong ke socket RGB. Namun sayangnya banyak sekali socket RGB dipasaran yang terlihat baru dan bagus padahal flat fokus didalamnya sudah korosi. Sehingga ketika kita gunakan untuk pengganti socket RGB yang dicurigai rusak, hasilnya tetap sama.

Kalau sudah begitu tentu akan membuat teknisi bingung dan memperkerikan kalau kerusakan ada dibagian lain.

Perlu saya tegaskan kalau kerusakan seperti itu penyebabnya adalah socket RGB yang sudah berjamur. Dan apabila hendak mengganti socket RGB sebaiknya diperiksa dulu bagian flat besi untuk fokusnya. Kalau sudah kelihatan bagus baru dipasang.

2. Gambar dominan di warna tertentu

Yang dimaksud dominan diwarna tertentu adalah misalnya gambar terlalu merah atau terlalu hijau atau terlalu biru.

Dan masalah seperti itu sering diperkirakan kalau kerusakan ada pada tabung yang sudah lemah diwarna tertentu, atau ada pada setingan RGB tidak benar.

Lalu bagaimana kalau setelah diperiksa tabung masih bagus dan setingan RGB diseting bagaimanapun tetap tidak membuahkan hasil? Tentu kerusakan ada pada rangkaian video amplifier RGB nya.

Nah kalau sudah harus mengukur satu-persatu komponen yang ada pada bagian RGB Input dan RGB output terkadang banyak teknisi yang menganggap berat. Sehingga pekerjaan dibiarkan tanpa ada tindakan serius untuk memperbaikinya.

Padahal menurut pengalaman Admin, ini bukanlah hal berat. Kerusakan terkadang hanya pada dioda kopel input sinyal RGB ke ground yang bocor. Nah karena hanya bocor, sering menjebak ketika kita melakukan pengukuran tegangan. karena melihat tegangan masih ada, anggapannya tidak ada komponen yang rusak.

Perlu diketahui, untuk dioda seperti dioda IN4148 atau dioda zener berukuran 3 sampai 5 volt, sering mengalami kerusakan beruba bocor atau setengah konslet bahkan seperempat koslet. Jadi hati-hati jangan sampai Anda terjebak.

3. Problem RGB TV Cina gambar muncul warna tertentu disertai dengan garis-garis

Pasti diantara pembaca pernah menangani kerusakan dimana gambar hanya muncul warna tertentu dan disertai dengan garis-garis. Kalau dilihat dari jenis kerusakannya seperti menunjukan kerusakan putusnya resistor untuk kolektor transistor RGB.

Dan ketika diukur ternyata benar, tegangan pada kolektor RGB drop ke level paling kecil. Namun anehnya ketika transistor yang bersangkutan dicabut dan diukur, kondisinya masih bagus. Dan tegangan tetap drop.

Muncul kecurigaan pada tabung short dibagian warna itu. Lalu coba cabut solderan RGB dan mencoba mengukur kembali, tegangan tetap drop. Inilah yang bikin banyak teknisi frustasi.

Berdasarkan pengalaman Admin, untuk kasus semacam itu bisa karena memang ada resistor 2 watt yang ke kolektor transistor RGB putus. Bisa karena memang transistor RGB ada yang short. Bisa juga karena tidak ada satupun komponen yang rusak.

Tentu sobat bingung, kenapa tidak ada komponen yang rusak tapi seperti menujukan adanya kerusakan pada salah satu komponen?

Nah beberapa kali Admin temukan kalau penyebabnya karena terjadi hubungan singkat didalam PCB tepat transistor RGB terpasang.

Admin juga sedikit bingung kenapa hal tersebut bisa terjadi. Namun setelah diteliti ternyata PCBnya kropos sehingga timah solder meresap dan menghubungkan kaki Basis Kolektor atau kaki kolektor ke emitor.

Otomatis akan menyebabkan short yang ditandai dengan tegangan drop serta resistor 2 watt untuk kaki kolektor trasistor RGB tersebut jadi panas. Ya mungkin karena TV cina tergolong TV murah, sehingga bahan PCB untuk membuat PCB RGB TV cina mudah keropos dan mudah hangus.

4. Gambar seperti klise

Mungkin karena pengalaman dulu ketika masih zamannya TV tabung hitam putih, kalau menemukan kerusakan gambar seperti klise pasti langsung beranggapan kalau yang rusak adalah tabung CRT nya.

Padahal kalau urusannya sudah ke TV berwarna, jelas lagi. Terlebih kalau yang ditangani adalah TV Cina. Yang jelas kerusakan semacam ini masih termasuk problem RGB pada TV cina.

Perlu Anda ketahui, kalau yang dimaksud rangkaian RGB disemua jenis TV (Bukan hanya TV Cina). Ini melingkup semua komponen dari mulai FBT, IC Croma dan papan RGB.

Gambar seperti klise penyebabnya adalah karena tidak adanya tegangan ABL dari FBT untuk mengatur tingkat kontras dan bright RGB.

Jadi kesimpulannya kalau sobat menemukan kerusakan TV Cina berupa gambar seperti klise, segera cek tegangan ABL sampai pada titik IC Croma sampai ditemukan komponen mana yang rusak.

5. Problem RGB TV Cina berupa gambar blank putih dan bergaris

Kerusakan semacam ini penyebabnya karena hilangnya tegangan untuk video amplifier RGB. Tegangan video amplifier untuk RGB mengambilnya dari mana? Ada yang dari FBT ada juga yang langsung dari power suplay regulator.

Namun kemungkinan besar untuk kasus seperti ini terjadi pada TV Cina yang mengambil tegangan video amplifier untuk RGB dari FBT.

Karena kalau yang mengambil tegangan video amplifier langsung dari power suplay regulator, kalau tegangan video amplifier bermasalah, kerusakannya tidak akan muncul blank dan bergaris. Melainkan gambar TV muncul noise dan bergelombang.

6. Gambar warna selebaran

Untuk istilah tepatnya saya kurang tahu, namun yang jelas kalau sobat menemukan kerusakan TV cina yang ketika level warna dinaikan akan muncul seleberan warna pada setiap subyek. Misalnya pada muka, pada tulisan, pada apapun subyek yang nampak pada gambar TV, ini disebut warna seleberan.

Kerusakan semacam ini bisa disebabkan oleh dua hal

Bisa karena tabung CRT sudah lemahBisa karena tegangan video amplifier terlalu rendah.

Untuk memastikannya silahkan ukur tegangan video amplifier apakah tidak kurang dari 160 volt? Kalau sudah benar berarti kerusakan ada pada tabung CRT yang memang sudah lemah.

Tapi tenang, untuk tabung CRT yang sudah lemah, masih ada harapan bisa diperbaiki dengan cara direstor ulang, atau kalau yang trend dikalangan teknisi disebut ditembak.

Nah demikianlah beberapa problem RGB TV cina yang bisa Admin sampaikan pada kesempatan kali ini. Sekian dan semoga bermanfaat.

Komentar

  1. Kalau salah satu pin rgb bermasalah seperti tv saya yang pin kb tegangan drop dan resistor 2wat panas sementara transitor saya tes masih normal,terus saya telusuri lagi ternyata ada 2 buah dioda zener dan salah satunya ada yang bocor/setengah sot itu ukuran volnya berapa ya gan masf pemula..

    BalasHapus
  2. Kalo saya punya teg rgb besarx sama dgn teg vidio 190v resistor besar panas dan ada resistor ground yg terbakar

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Power Class-D D2K Full-bridge Amplifier

High Power Class-D Amplifier D4K5