Cara Cek STR F6653 Menggunakan Avometer


Cara Cek STR F6653 Menggunakan Avometer

Berikut adalah cara mengecek komponen str f6653 menggunakan avometer. Komponen ini adalah komponen utama pada rangkaian regulator tv. Problem yang muncul yang disebabkan kerusakan komponen ini adalah mati total, konslet ditandai fuse sekering putus dan beberapa komponen diode dan zener short. Sebelum mengganti komponen str f6653 ini pastikan semua komponen pendukung dalam kondisi sudah normal semua. Jika masih ada beberapa komponen yang masih rusak dikawatirkan str dapat rusak kembali.

STR f6653 bisa diganti menggunakan tipe STR F6654 dengan daya watt lebih besar. Mengingat harga komponen ini sedikit agak mahal, maka pengecekan komponen secara seksama dan teliti harus dilakukan. Karena jika tidak maka dapat menyebabkan komponen str langsung rusak dan pastinya anda akan bepikir dua kali untuk membeli str lagi karena harganya lumayan mahal.

Cara ini adalah hanya membandingkan hasil pengukuran kaki masing-masing str rusak dan str normal menggunakan avometer. Sehingga didapat hasil pengukuran yang berbeda dan hasil inilah yang akan kita jadikan acuan dalam pengecekan str lainnya. Tentunya cara ini tidak bisa diterapkan pada komponen str dengan tipe yang lain, karena perbedaan kaki dan fungsi masing-masing str.

Langkah pertama set avometer pada skala IK atau 10X. Lebih baik menggunakan skala 1K agar hasil pengukuran lebih terlihat jelas.

Pertama kita lakukan pengukuran pada komponen str rusak.

 Step 1 : Tempelkan probe hitam avometer pada kaki nomer 5, kemudian probe merah tempelkan pada kaki nomer 4. Hasilnya jarum avometer bergerak menunjukkan angka 2 Kohm.

Step 2 : Tempelkan probe hitam pada kaki nomer 5, kemudian probe merah pada kaki nomer 3. Hasilnya jarum avometer bergerak menunjukkan angka 6 Kohm.

Step 3 : Tempelkan probe hitam pada kaki nomer 5, kemudian probe merah pada kaki nomer 2. Hasilnya jarum avometer menunjukkan angka 2,7 Kohm.

Step 4 : Tempelkan probe hitam pada kaki nomer 5, kemudian probe merah pada kaki nomer 1. Hasilnya jarum avometer menunjukkan angka 3 Kohm.

Berikutnya adalah pengukuran komponen str dalam kondisi normal atau baru.

Step 1 : Tempelkan probe hitam pada kaki no 5, kemudian probe merah pada kaki no 4. Hasilnya jarum avometer menunjukkan angka 2 Kohm.

Step 2 : Tempelkan probe hitam pada kaki no 5, kemudian probe merah pada kaki no 3. Hasilnya jarum avometer tidak bergerak sama sekali.

Step 3 : Tempelkan probe hitam pada kaki no 5, kemudian probe merah pada kaki no 2. Hasilnya jarum avometer tidak bergerak sama sekali.

Step 4 : Tempelkan probe hitam pada kaki no 5, kemudian probe merah pada kaki no 1. Hasilnya jarum avometer menunjukkan angka 3 Kohm.

Dari hasil pengukuran diatas didapat dua poin perbedaan pada poin 2 dan poin 3. Yang mana pada str yang masih normal jarum tidak bergerak sama sekali. Kemudian pada str yang rusak pada poin 2 dan 3 jarum avometer bergerak menunjukkan resistansi atau kebocoran. Tidak menutup kemungkinan hasil pengukuran bisa berbeda. Bisa didapat hasil pengukuran short semua atau sebagian pada kaki str. Jika anda menemukan kondisi str seperti diatas, anda tidak ragu lagi untuk membeli str baru. Jika setelah penggantian str baru, tv masih belum bisa menyala berarti masih ada problem atau kerusakan baik pada bagian sekunder trafo regulator ataupun pada bagian primer trafo regulator. Semoga bermanfaat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Problem RGB TV Cina Yang Sering Menjebak Teknisi

Power Class-D D2K Full-bridge Amplifier

High Power Class-D Amplifier D4K5