Kerusakan protek tv Panasonic IC TDA9381


Kerusakan protek tv Panasonic IC TDA9381

Sudah beberapa kali mendapatkan Tv panasonic model ini dengan kerusakan yang berbeda.

1. Kerusakan mati total
Awal tv menyala dan setelah beberapa menit mati total, kemudian diulang tekan tombol mau nyala sebentar dan kelihatan gambar menyempit lalu mati.Kerusakan ini disebabkan dari power supply yang mulai lemah/ drop yaitu pada STR W6654, ada juga yang menggunakan STR W6754.2. Kerusakan gagal start
Tekan tombol tv hanya lampu lednya saja yang menyala hijau dan kembali merah.Ini disebabkan supply ke IC Chroma terutama untuk tegangan horizontal osc terukur drop sehingga horizontal tidak bekerja ditandai flyback belum sempat nyembur.



3. Kerusakan protek

    Protek EHT / Protek X-RAY
Kerusakan tv sudah sempat start ditandai suara flyback nyembur namun gambar belum sempat muncul tv sudah kembali standby. Bisa disebabkan oleh protek EHT yang di sampling oleh dioda dzener dari tegangan heater. Akan protek bila kerja flyback berlebihan akibat B+ naik atau dioda sampling bocor. Fungsinya menjaga agar CRT tetap aman.



    Protek OCP/ Arus berlebihan
Biasanya ada R pembatas B+ ke flyback, akan bekerja bila beban terlalu besar misalnya ada short pada tegangan keluaran flyback atau yoke kebakar sehingga TR hor cepat panas dan arus akan naik. Maka selisih tegangan pada R tersebut menjadi pemicu protek.
   


  
    Protek 180v teagangan Video RGB



    Protek ABL


    Protek Vertikal
Akan protek bila ic vertikal tidak bekerja karena tegangan hilang atau koslet.

Non aktif prorek lepas D660 atau Q603


Sekian mudah-mudahan bermanfaat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Problem RGB TV Cina Yang Sering Menjebak Teknisi

Power Class-D D2K Full-bridge Amplifier

High Power Class-D Amplifier D4K5