TV PANASONIC PROTEK

Tv Panasonic Protek

1. Tv Panasonic Protek

Pernah waktu itu menjumpai
kerusakan tv panasonic yang
menggunakan ic micom
TDA9381PS dan ic suplay STR
W6654, ic vertikal AN5539 rusak protek.
gejalanya tv dihidupin
terus selang beberapa detik mati
lagi karena horisontal sempet
hidup.
Solusi untuk mengatasi
kerusakan seperti ini adalah
dengan mengecek bagian protek.
untuk model ini sering
terjadi tahanan molor, resistor
R631(560k) dari tegangan
185volt ke bagian protek harus
dicek.

2. analisa kerusakan tv
panasonic yang protect Tv CRT Panasonic secara umum
memiliki rangkaian proteksi
guna mencegah kerusakan yang
lebih banyak, imbas dari
kerusakan awal tv tersebut,
rangkaian proteksi untuk generasi produksi tahun 1990an
berfokus pada penonaktifan
rangkaian horizontal tv, apabila
blog vertikal atw horizontal
bermasalah maka rangkaian
proteksi bekerja menonaktifkan rangkaian horizontal oscilator. generasi produk 2000an lebih
kompleks lg, karena proteksinya
bisa terjadi disebabkan karena
gangguan rangkaian diluar blog
vertikal maupun horizontal.
metoda inipun dipakai pada tv sharp.
anda yang telah terbiasa
menangani tv panasonic
tentunya telah sering
mendapatkan tv yang tegangan
B+ nya naik sesaat lalu ngedrop. indikasi umum untuk generasi
CRT cembung terakhir adalah
lampu indikatornya berkedip,
umumnya anda bisa mengecek
dengan beberapa metoda,
A. lepas ic vertikalnya terlebih
dahulu, bila setelah dilepas
ternyata tv bisa on normal,
kemungkinan besar ic
vertikalnya   bermasalah. ingat,
setiap penggantian ic vertikal, anda harus mengganti elco
pump up, (100uf/35v), bila tidak
maka ic tersebut bisa rusak
kembali nantinya
B. cek diode zenner yang
terhubung ke rangkaian heaternya, ( biasanya D510 atw
D511 ), bila dalam kondisi on
terukur tegangan bocor di
anodanya melebihi 0,6v maka
kemungkinan diodanya yang
rusak, silahkan diganti dengan dioda zenner 12v
C. bila dijalur B+180v terdapat
resistor yang terhubung ke
rangkaian lain, ( rangkaian
proteksi, biasanya nilai R nya
120k atw 560k) coba anda ukur juga resistornya, biasanya R
tersebut putus.
D. Rangkaian proteksi juga
bekerja bila tegangan B+ tidak
sampai ke FBT, cek resistor yang
terhubung antara FBT dengan jalur B+ dari regulator, pastikan
keadaan resistornya dalam
keadaan baik. ulasan diatas adalah
penanganan umum bagi
kerusakan tv panasonic yang
protect, semoga bisa membantu
mengatasi reparasi tv di tempat
anda semuanya.

3. Televisi Panasonic model
TC-14P10BB Protek
Televisi Panasonic model
TC-14P10BB,jika diperhatikan
mainboard panasonic seri ini
sama dengan mainboard
panasonic Quintrix
Fseries.
menggunakan IC single TDA9381PS,FBT G4GAM3F-1,STR
W6654A dengan
gejala jika di
ON kan lampu led indikator
berkedap-kedip dari merah ke
hijau,kemudian merah lagi dan
hijau lagi terus protek,dan tentunya tidak mau
menyala,hehehe..... Dengan mengucap Bismillah lalu
saya buka casing ini tv,lalu saya
on kan dan mulai saya ukur
tegangan di tiap blok
rangkaian, pada B+ terukur
90v,vertikal terukur 24v yang diambil dari regulator,dan blok
RGB terukur 180v dan ini semua
normal, lalu saya lepaskan beban
24v yang menyuplai blok
vertikal dan saya coba ON kan
lagi,tapi tetap  hasilnya sama. Berdasarkan pengalaman
selama menangani mainboard
Panasonic Quintrix F
series, akhirnya saya lepaskan TR
SMD Q605 yang menjadi pusat
protek,karena biasanya jika tegangan semua normal dengan
melepas TR ini sudah bisa nyala
normal.
setelah TR Q605 saya lepas
sekarang saatnya mencoba,dan
akhirnya tv mau menyala, lalu saya masukkan DVD player
melalui input AV, karena
didaerah saya kota lubuklinggau
belum terjangkau stasiun relay tv
swasta nasional, jadi untuk
menikmati siaran tv swasta masih menggunakan receiver
digital plus parabola,dan
tentunya di tv melalui input AV.
Sekarang tv udah mau nyala dan
gambarnya juga jernih tkok
nggak ada suaranya. lalu saya besarkan volume di tombol
panel, level suara maksimal tapi
kok suaranya kecil banget.
akhirnya saya cek bagian audio
dan saya ukur tegangan, dan
terukur 12v dan ini normal,speakernya rusak juga
bukan, hmmm apanya
Karena saya lagi puasa jadi males
mikir lama-lama, akhirnya
langsung tak ganti saja IC sound
nya AN7523 dan kebetulan masih punya stok.
setelah pergantian pemain ini
dan tv saya coba nyalakan lagi,,
nyala tapi tetep aja nggak ada
suaranya...waduh,,,puasa-puasa
dikerjain nih......hehehehehe akhirnya saya kepikiran jika tv
ini dalam posisi MUTE, mana
remote nya nggak ada
lagi,, walah.......
Dan akhirnya saya telusuri jalur
MUTE disekitar IC AN7523 dan ketemulah TR SMD Q2380, dan
langsung tak copot saja TR
tersebut,
yang dilingkari garis biru itu
lokasi TR MUTE nya
kemudian saya ON kan lagi TV nya dan suaranya langsung
woooorrrrrr keras....... rupanya
tadi lupa volumenya belum di
kecilkan
Nah sekarang beres deh
kerjaan, Alhamdulillah ya ALLAH atas pertolongan MU dan rezeki
yang telah Engkau berikan.

4. TV PANASONIC Led indikator
kedip-kedip
                  Beberapa waktu yang
lalu pernah dapet servisan tv Panasonic dengan kerusakan tv
mau nyala dan keluar gambar
sebentar kemudian mati standby
dengan di sertai lampu LED
indikator berkedip-kedip dari
merah ke hijau terus merah lagi lalu hijau lagi begitu terus
menerus.
Tv ini bertype
TC-2088MNB menggunakan aisy
single type TDA9381PS/N2/2i
1338,aisy vertikal
AN5539, transistor penguat horizontal D2499,STR W6654
dan FBT G4GAM3F2.
                  Dalam hal ini tv bisa di
katakan terprotek, bisa dari
tegangan yang nggak stabil atau
bisa juga karena settingan data yang berubah pada
programnya, mau masuk service
mode jelas nggak bisa karena tv
baru nyala sebentar langsung
mati hehehehe........... Langkah
pertama saya coba lumpuhkan dulu pusat titik proteknya yaitu
pin 36=EHT protect dari aisy
singlenya dengan membuka
dulu solderannya, kemudian tv
saya coba nyalakan dan ternyata
mau hidup dan nggak balik ke standby lagi, dan pin 36 pun saya
solder kembali dan di lanjutkan
dengan pencarian penyebab
protek dengan menyisir titik-titik
sensor yang lain           Saya buka
solderan D520(sensor B+),masih tetep saja kondisinya, saya buka
solderan R631 dan D403(sensor
tegangan 185V dan ABL))masih
sama juga, kemudian saya buka
solderan D511(sensor heater)tv
mau menyala dengan normal.
Di sini rupanya sumber
permasalahannya, setelah saya
ukur diode tersebut ternyata
sudah short, setelah pergantian
pemain diode tersebut tv pun
sudah nyala hatitpun lega karena sudah ktemu biangnya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Problem RGB TV Cina Yang Sering Menjebak Teknisi

Power Class-D D2K Full-bridge Amplifier

High Power Class-D Amplifier D4K5