CARA MEMBUAT FLUX PASTA SOLDER

Cara Terbaru Membuat Flux Pasta Solder Sendiri – Bagi kamu para teknisi elektronika berpengalaman pasti telah tidak asing lagi dengan yang namanya flux bukan? Ya, flux ialah senyawa yang bermanfaat untuk menghilangkan lapisan oksidasi dari permukaan benda yang disolder. Senyawa yang satu ini mempunyai sifat korosif.

Cara Terbaru Membuat Flux Pasta Solder Sendiri

Flux memiliki faedah yang sangat urgen dalam proses penyolderan. Penggunaan flux ini bertujuan supaya solderan dapat tertempel dengan sempurna. Seperti yang anda ketahui bareng bahwa solderan yang tidak sempurna dapat menciptakan rangkaian elektronika tidak dapat berjalan sebagaimana harusnya, dampak aliran listrik yang terhambat.

Karena flux ini tidak sedikit dicari, wajar andai harganya lumayan mahal. Namun kamu tak butuh kawatir sebab flux ternyata dapat dibuat sendiri dengan memakai bahan yang lumayan sederhana. Cara menciptakan flux sendiri juga ternyata tak sesulit yang anda duga. Jika kamu penasaran, simak pembahasan belajarelektronika.net inilah ini.

Cara Membuat Flux Sendiri

Sebelum mulai menciptakan flux sendiri untuk menolong proses penyolderan, kamu harus menyiapkan perangkat dan bahannya terlebih dahulu. Berikut sejumlah alat dan bahan yang diperlukan untuk menciptakan flux sendiri. Semua perangkat dan bahan yang diperlukan untuk menciptakan flux, dapat ditemukan dengan gampang di pasaran.

Bahan-bahan Membuat Flux

Batu Songka

Batu songka ini pun kerap dinamakan dengan nama gondorukem yang adalahsalah satu bahan untuk menciptakan malam. Batu songka juga tidak sedikit digunakan oleh semua teknisi elektronika untuk mencuci ujung solder. Anda dapat membeli batu songka di penjaja komponen elektronika dengan harga selama 5.000 rupiah per ons.

Tiner

Pasti kamu semua telah tidak asing lagi dengan yang namanya tiner bukan? Untuk menciptakan flux sendiri diperlukan gabungan bahan tiner. Sebaiknya kamu menggunakan tiner jenis A terbaik atau yang mempunyai kandungan minyak supaya hasil flux yang didapat nanti mempunyai kualitas baik.

Alat-alat Bagi Membuat Flux :

Wadah Kaleng / AlumuniumLilin Sebanyak 3 BuahKorek Api

Nah, itulah tadi sejumlah alat dan bahan yang dibutuhkan untuk menciptakan flux sendiri. Setelah seluruh alat dan bahan siap, kamu bisa langsung mengarah ke ke proses pembuatannya. Jika kamu masih bingung, inilah kami bagikan tutorial step by step bagaimana teknik membuat flux pasta solder sendiri.

Step by Step Cara Membuat Flux Sendiri

Pertama-tama silahkan panaskan wadah kaleng atau alumunium memakai api lilin. Jangan pakai api kompor karena dapat terlalu panas dan berbahayaSetelah wadah kaleng atau alumunium dirasa telah panas, tahapan selanjutnya masukkan sejumlah bongkah batu songka, dan tunggu sejumlah saat hingga mencairJika telah mencair, tambahkan tiner ke dalam wadah tidak banyak demi tidak banyak sembari diaduk memakai sendok atau kayu sampai seluruh bahan tercampur rataProses pengadukannya memang memakan waktu lumayan lama sebab bahan mesti diaduk sampai tercampur sempurna. Jika dirasa telah pas, silahkan angkat dan cairan flux siap digunakan

Bagaimana, lumayan mudah bukan? Perlu diacuhkan bahwa kamu tidak boleh membaur batu songka dengan tiner terlebih dahulu sebelum dimasak sebab akan menghasilkan flux yang tidak cukup bagus. Semoga informasi mengenai Cara Terbaru Membuat Flux Pasta Solder Sendiri tadi bermanfaat, dan selamat mencoba.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Problem RGB TV Cina Yang Sering Menjebak Teknisi

Power Class-D D2K Full-bridge Amplifier

High Power Class-D Amplifier D4K5