3 Rangkaian Backlight TV LED Rakitan Skema

3 Rangkaian Backlight TV LED Rakitan Skema

Rangkaian Backlight TV LED bukan hal baru dimata para tukang service, tapi bagi orang awam itu merupakan hal asing yang harus dipelajari secara mendalam untuk menguasainya. Terkadang saat menghadapi kerusakan TV LED seperti TV LED Gambar Gelap tapi suaranya ada, itu sempat membuat pusing, eh ternyata Skema Backlight harus diperbaiki.

Penyebab TV LED Gambar gelap ada beberapa sebab, diantaranya Backlight TV LED mati, Inverter rusak, tegangan menurun, IC Tcon Rusak dan lain sebagainya, maka dari itu ketika terjadi masalah kita harus mendiagnosa terlebih dahulu sebab kerusakannya.

Dan kali ini saya akan berbagai rangkaian backlight TV LED rakitan yang bisa anda rakit dengan mudah, seperti yang kita ketahui bahwa koponen Backlight cukup sulit didapatkan. 

Untuk masalah ini tidak memandang merk TV, entah itu Panasonic 32 inch, sharp,polytron, LG, Samsung dan merk cina, semua bisa mengalami masalah ini. Dan biasanya komonennya sulit untuk didapatkan, maka dari ini kami akan membagikan Rangkaian Backlight TV LED rakitan.

Rangkaian yang saya bagikan ini sangat sederhana hanya menggunakan 2 buah trafo 500 ma dan diode bridge, dan IC 555 yang banyak dijual dipasaran. Selain itu anda juga bisa mengakalinya dengan menggunakan trafo bekas charger HP sebagai pembangkit tenaga.

Rangkaian Backlight TV Led Rakitan


1. Alat tes lampu led tv menggunakan 2 trafo


Seperti yang saya katakana tadi untuk alat tes lampu silahkan pakai 2 buah trafo dan 4 buah diode 1N4007 atau menggunakan diode bridge sebagai penggantinya, bahkan anda juga bisa menggunakan trafo ct atau non ct. Rangkaian ini mampu menyalakan lampu LED satuan hingga beberapa baris sekaligus. Alat ini sudah auto voltage, artinya tegangan yang dikeluarkan mengikuti kebutuhan banyaknya LED yang dites.

2. Alat tes lampu led "minimalis"


Rangkaian ini sangat sedikit dan biayanya murah tidak seperti nomor 1 yang harus merogoh kocek puluhan ribu. Alat ini sudah auto voltage dimana tegangannya mengikuti banyaknya lampu. 

3. Alat tes lampu led JT


Alat yang ketiga ini adalah skema joule thieft dan juga bisa digunakan sebagai alat ukur lampu LED, rangkaian ini juga sudah auto voltage, jadi tidak usah khawatir terjadinya kerusakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Problem RGB TV Cina Yang Sering Menjebak Teknisi

Power Class-D D2K Full-bridge Amplifier

High Power Class-D Amplifier D4K5