Modul Protector Untuk SMPS SOS Detex Standar

Modul Protector Untuk SMPS SOS Detex Standar
Pada tulisan kali ini saya akan melanjutkan tulisan yang sebelumnya (Baca : SOS Detex SMPS Dengan Sistem Proteksi) sekaligus saya akan memberi tahu apa yang saya lakukan pada video dibawah ini.

Namun yang menjadi perhatian penting bahwa dalam melakukan percobaan seperti yang saya lakukan pada video ini diharapkan agar berhati-hati jangan sampai kena kejutan listrik sebab rangkaian terhubung langsung ke jaringan listrik.


Pada video diatas saya hanya menshortkan pin gate dan source pada mosfet low side. Proses itulah yang membuat kedua mosfet berhenti bekerja sesaat selama pin gate dan source dalam keadaan short. Ketika short itu dilepas atau dibuka maka kedua mosfet itu akan bekerja kembali secara normal.

Dengan mengetahui hal ini maka kita akan mudah membuat sistem proteksi khususnya untuk SOS SMPS dan saya sudah membuat modul protector sebagai pelengkap kit SOS Detex standar yang telah dibuat sebelumnya. Berikut ini adalah layout modul OCP / Over Current Protector.






Dibawah ini adalah koneksi antara modul OCP dengan kit SOS standar, harap diperhatikan dengan seksama koneksi antar pcb. Klik pada gambar untuk memperbesar.

Skema SOS Detex Standar

Koneksi antara layout modul OCP dengan skema
Konekasi antara modul OCP dengan SOS standar
Layout Mini SOS SMPS diatas sudah saya bahas pada tulisan INI.

Perhatikan bahwa pada kit SOS standar jalur koneksi antara kapasitor dan lilitan primer trafo harus diputus atau dipotong dan kedua titik yang dipotong itu dihubungkan kejalur sensing arus pada modul OCP.

Bagi yang sudah paham boleh menentukan sendiri titik mana yang ingin dipotong untuk memudahkan pengkabelan. Jalur yang dapat dipotong adalah jalur arus dari elco reservoir -> kapasitor -> lilitan primer -> DS mosfet, titik yang dipotong ditandai dengan tanda panah (->) bebas memilih salah satunya.

Kemudian jalur dari relay dihubungkan ke pin gate dan source mosfet sebab pada modul ini relay yang bertugas menshortkan pin gate dan source mosfet.

Modul ini sudah dilengkapi supply mandiri sehingga dapat langsung disambung kejaringan listrik 220 volt.

Selanjutnya modul ini dapat ditambah rangkaian sensor lainnya sesuai kebutuhan seperti sensor over temperature, sensor over voltage, dll silahkan berimprovisasi sesuai kebutuhan. Sebagai contoh layout dibawah ini telah ditambahi 2 buah rangkaian sensor over temperature sesuai kebutuhan saya. 

Sensor 1 digunakan sebagai sensor panas untuk kit SMPS SOS dan sensor 2 sebagai sensor panas untuk kit power amplifier. Komponen sensornya menggunakan 2 buah ntc yang masing-masing harus ditempelkan langsung pada heatsink SMPS dan heatsink power amplifier.





Bagi yang ingin membuatnya, silahkan download untuk mendapatkan layout diatas.

DOWNLOAD LAYOUT


Update 9 Agustus 2010.
Karena masih ada yang kebingungan dengan core ocp, maka saya sertakan gambar dengan core ocp yang biasa saya gunakan. Semoga gambar berikut ini bisa menghilangkan kebingungan.
Salam Xperiment

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Problem RGB TV Cina Yang Sering Menjebak Teknisi

Power Class-D D2K Full-bridge Amplifier

High Power Class-D Amplifier D4K5